Mengenali Komik Eropa


Salah satu dari sekain banyak hobi saya adalah mengoleksi buku komik. Selain komik Jepang saya juga menyukai beberapa judul dari komik Eropa, seperti Smurf, Asterix, Tintin, dan lainnya yang akan saya coba bahas pada postingan saya kali ini. Saya yakin anda pasti mengenal judul-judul yang saya sebutkan diatas, terutama untuk anda yang lahi pada tahun 70 – 80-an.

1. Asterix

asterix

Asterix

Mengisahkan tentang petualangan Asterix dan Obelix sebagai suku Galia yang berjuang melawan penjajahan bangsa Romawi. Bagi yang belum tau suku Galia atau dalam bahasa Inggrisnya lebih dikenal dengan Gaul, adalah suku asli bangsa Perancis.  Setting waktu penceritaan komik ini dibuat pada jaman kejayaan bangsa Romawi di bawah pimpinan Julius Caesar.

Komik terbitan negara Perancis, sesuai dengan temanya yang menceritakan petualangan suku Galia. Pengarang komik ini ada 2 orang yaitu René Goscinny and illustrated by Albert Uderzo. Diterbitkan untuk pertama kalinya pada tahun 1959. Komik ini sudah diterjemahkan ke dalam lebihj dari 100 bahasa.  Asterix sendiri sudah dibuat ke dalam versi animasinya dan dibuat juga ke dalam versi layar lebarnya, tetapi sayang versi animasi dan versi layar lebarnya tidak mendapat respons yang bagus dari pasar.

2. Smurf

Smurf

Smurf

Smurf diterbitkan di negara Belgia, dengan pengarang bernama Peyo. Mengisahkan tentang makhluk mini setinggi buah apel dan berwarna biru. Setting waktu di plot pada jama Middle Age bangsa Eropa (Jaman berkembangnya Knight dan Sorcerer). Smurf berbicara dengan bahasa Smurf (sama saja dengan bahasa Inggris, tetapi setiap kalimat pasti ada beberapa kata kerja atau kata benda yang diganti menjadi “Smurf“).

Pengarang dari Smurf yaitu Peyo membuat sebuah judul komik lainnya yang berjudul Johan dan Pirlout, atau dalam bahasa Inggrisnya diterjemahkan menjadi Johan dan Peewit. Keunikan dari komik ini adalah setting dunia nya yang menjadi satu dengan dunia Smurf.

Jika anda bekerja sebagai Compliance terutama pada bidang keuangan, mungkin istilah smurfing tidak asing di-dengar. Istilah Smurfing adalah salah satu cara dalam teknik Money Laundering, menyetor dan menarik uang dalam jumlah sedikit tetapi sering dilakukan.

3. Gaston Lagaffe

Gaston

Gaston Lagaffe

Gaston Lagaffe, comic strip asal Belgia. Judul asli dari komik ini adalah Guust Flater. Pengarang dari Gaston (Franquin) ingin menciptakan sebuah tokoh anti hero. Seseorang yang tidak mempunyai pekerjaan, tidak bodoh dan banyak akal dan juga selalu sibuk mengerjakan sesuatu yang tidak lazim. Gaston mempunyai pekerjaan, menangani surat masuk pada sebuah perusahaan. Setiap hal yang dikerjakan oleh Gaston pasti selalu tidak beres dan terjadi kekacauan. Gaston juga mempunyai pekerjaan sampingan sebagai penemu, salah satu alat penemuannya adalah sebuah alat musik yang disebut Gaffophone. Terinspirasi dari alat musik drum africa yang dipadukan dengan alat musik petik. Efek samping dari Gaffophone adalah bisa membuat pingsan seekor Rhino (badak) dan merubuhkan gedung.

4. Tintin

tintin

Tintin

Siapa yang tidak kenal Tintin. Tokoh ini cukup terkenal baik pada komik nya maupun film animasinya. Ayah da ri Tintin bernama Herge dengan judul asli “Les Aventures de Tintin“. Tintin adalah salah satu komik jebolan negara Belgia, pertama kali diterbitkan pada tahun 1907.

Mengisahkan petualangan Tintin seorang journalist asal Belgia dalam mencari berita. Rasa keinging tahuan nya yang besar, menyebabkan tintin masuk ke dalam suatu rencana kejahatan. Pada petualangannya Tintin selalu ditemani oleh anjing kesayangannya “Snowy” dan juga teman setia perjalanannya Kapten Haddock.

5. Steven Sterk

Steven Sterk

Steven Sterk

Steven Sterk, dikenal juga dengan nama Steven Strong pada versi Bahasa Inggris nya, adalah komik asal Belgia dengan judul asli Benoît Brisefer. Di Perancis dikenal dengan judul “Benedict Ironbreaker“, wah banyak banget yah namanya. Steven Sterk adalah salah satu komik jempolan keluaran dari Peyo selain Smurf.

Mengisahkan tentang seorang anak dengan kekuatan super (tidak bisa terbang), tetapi kekuatannya akan hilang kalau Steven sedang terserang flu. Ciri khas dari Steven adalah menggunakan beret hitam dan mengenakan syal berwarna biru. Dikisahkan kalau Steven sangat benci kekerasan dan kriminalitas, terutama terhadap senjata api.

Advertisement

12 thoughts on “Mengenali Komik Eropa

  1. OLÁ PESSOAL ME CHAMA DE ZUT= ZEFILHO UZUMAKI TOCERTO…
    BOM ESTOU PASSANDO PARA ABAIXAR ESSA FOTO QUE ESTA AI……BLZ
    BOM DOMINGO A TODOS

    • Olá Zut. Prazer em conhecê-lo. Eu não estou muito familiarizado com o idioma, por isso estou usando o Google para traduzir isso. 🙂
      Por favor, aproveite para visitar o meu blog.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s