Wisata Jakarta: Kota Toea – Cafe Batavia


Cafe Batavia

Cafe Batavia

Kalau pergi jalan-jalan ke Kota Toea kayaknya gak lengkap kalau gak mampir ke Cafe Batavia. Cafe Batavia terletak di utara Museum Fatahillah. Kalau anda berdiri di pintu masuk Museum Fatahillah, lalu anda melihat ke seberang jalan, nah ada kanopi yang berwarna hijau, nah disitulah tempatnya.

Kesan pertama kali masuk ke dalam cafe ini: elegan (wah pasti harga2nya mahal nih), agak kotor dikit (sengaja biar berkesan klasik), and agak sombong (para pelayannya nih, sombong2 banget). Begitu anda melewati pintu masuk receptionis akan langsung menyambut anda, berapa orang pak/bu? mau diatas atau dibawah? mau makan atau hanya minum2 saja?

Karena masih baru pertama kali masuk, pasti kita lebih memilih lantai atas yang dekat dengan jendela. Betul gak?? Nah kalau ditanya receptionisnya mau diatas atau dibawah? Jawab aja di atas. Nah waktu ditanya lagi mau makan atau minum, kalau dijawab hanya minum2 aja berarti anda akan ditempatkan di sofa dekat tangga, bukan yang dekat dengan jendela. Kalau dijawab mau makan, nah anda akan ditempatkan dekat di ruangan yang dekat dengan jendela. Tapi eitss tunggu dulu. Kalau anda orang lokal (bukan bule) meja yang disiapkan bukan yang favorit spot (bersebelahan langsung dengan jendela). Tapi kalau anda bule, anda bebas memilih tempat duduk dimana saja. Nah hal ini nih yang saya bilang kenapa pelayan nya sombong.

Harga makanan dan minuman disini relatif mahal (bagi saya sih). Yah untuk minum2 minuman yang biasa saja sih kira-kira anda bisa menghabiskan 30-50rb / orang. Gimana gak mahal wong pajaknya aja sampai 20% (PPN + Service Charge). Yang paling menarik dari cafe ini adalah dekorasinya. Foto yang menempel didinding sampai menutupi semua dinding nya. Keren.. Sampai ke WC nya aja ditempelin Foto.

Dekorasi Cafe Batavia

Dekorasi Cafe Batavia

Saya pernah dengar cerita kalau dulu di Cafe Batavia ini masyarakat umum tidak boleh masuk, yang boleh masuk hanya bule-bule saja. Well.. Itu hanyalah cerita di masa lalu. Yang terpenting sekarang Cafe ini sudah Open to Public, alias siapa saja boleh masuk.

Overall penilaian saya untuk cafe ini cukup bagus. Hanya saja pelayanannya itu lho.. kenapa milih2 sih. Sekian dari saya, semoga tulisan ini bermanfaat.

Advertisement

6 thoughts on “Wisata Jakarta: Kota Toea – Cafe Batavia

  1. ga ko rif emang dulunya nih, pas jaman2 gw sma, kafenya emang buat orang bule. orang lokal ga bole masuk… gt… mals deh ya..

    ndre next project adalah buddha bar… mungkin harus dikunjungi… gw aja yang beragama lain merasa ga etis banget tuh cafe. jadi next project mentutup buddha bar.. huehehe

      • Wah kalo yang ini harus tanya ma orangnya langsung nih Rif. Hayoloh Ink, tanggung jawab ma tulisan lho.

        Tapi yg gw maksud dengan attribut keagamaan diatas itu, bukan cuma patung2 buddha lho. Yang gw denger sih katanya ada semacam altar gitu trus di dalamnya ada kitab suci gitu.. Well gw belum pernah liat secara langsung sih, jadi gak bisa comment terlalu banyak. :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s