Wisata Jakarta: Pasar Baroe


Pasar Baroe - 1820

Pasar Baroe - 1820

Baru pulang dari jalan2 di kota tua, karena rumah saya searah dengan  pasar baru, ya sudah mampir saja dulu sebentar. Pasar Baru merupakan salah satu pusat perbelanjaan traditional bersejarah di Jakarta. Cara mengakses cukup mudah, yaitu dari Terminal Busway Harmoni naik jurusan Pasar Baru – Ticket Rp 3.500,-. Terminal Pasar Baru adalah terminal ke-3 (Pecenongan – Juanda – Pasar Baru).

Ada 3 pertokoan yang menjadi ciri khas dari Pasar Baru, yaitu: Toko Sepatu, Toko Garment, dan Toko Perlengkapan Olahraga. Toko sepatu disini menjual berbagai jenis merk sepatu, mulai dari lokal sampai produk import. Harga-harga barang disini relatif sama saja dengan harga-harga di tempat lain, akan tetapi disini seringkali menggelar diskon, hampir sepanjang tahun diskon untuk segala jenis barang. Jadi jika dihitung-hitung kembali, produk2 yang dijual disini lebih murah dari tempat yang lain yang sejenis. Pemilik pertokoan disini didominasi oleh Ras India  dan Tiong Hua (Maaf bukan saya Rasis, tapi memang kenyataannya seperti itu). Selain itu kaki lima disini juga sangat beraneka ragam, walaupun kaki lima tanpa ijin usaha yang resmi adalah hal yang illegal di Indonesia tetapi tetap saja ini menjadi daya tarik tersendiri untuk Pasar Baroe. Mungkin hanya sedikit orang yang mengetahuinya, tapi daerah Pasar Baru ini juga cukup terkenal dengan Money Changernya – yang nilai tukarnya cukup bagus.

Pertokoan Pasar Baru

Pertokoan Pasar Baru

Adanya pedagag kaki lima di Pasar Baru ini jugalah yang menyebabkan kebersihan disana sangat buruk. Ditambah lagi jalanan yang mulai rusak. Kendaraan pribadi yang masuk ke dalam kompleks pertokoan dan parkir sembarangan. Mulai banyak muncul pengemis. Dan di malam hari banyak sekali ojek-ojek liar yang parkir sembarangan.

Demikian perjalanan saya semoga bermanfaat.

Advertisement

3 thoughts on “Wisata Jakarta: Pasar Baroe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s