Wisata Jakarta: Kota Toea – Museum Wayang


Tempat ke-4 adalah Museum Wayang, posisinya berada di sebelah kiri Museum Fatahillah. Kira-kira 5 menit berjalan kaki sudah sampai ke gedung ini. Dilihat dari depan gedung ini sepertinya tidak terlalu besar, tetapi jika sudah masuk ke dalamnya ternyata besar juga. Di depan gedung terdapat tulisan Museum Wayang, jadi anda tidak perlu takut salah masuk gedung.  Loket tiket berada tepat di pintu masuk. Harga tiket Rp.2000,- / orang.

Museum Wayang

Museum Wayang

Museum ini jauh-jauh lebih bagus dan menarik daripada Museum Fatahilah, menurut saya sih.Pengunjung disini juga jauh lebih sedikit daripada Museum Fatahillah, mungkin karena ruangan di dalamnya terkesan lebih angker kali yah.

Jan Pieter Zoon Coen Note

Jan Pieter Zoon Coen Note

Namanya juga Museum Wayang, jadi koleksi utama disini adalah wayang, dari wayang kulit khas daerah Jawa sampai wayang dari negeri Polandia bisa anda temukan disini. Karakter-karakter dari wayang Indonesia, terpengaruh oleh kebudayaan Hindu kuno. Mungkin bisa diklasifikasikan menjadi 3 golongan besar, seperti ini:

  1. Golongan Ramayana: Sri Rama, Rahwana, Hanoman, Shinta, dkk.
  2. Golongan Maha Barata: Yudhistira, Arjuna, Bhima, Nakula dan Sadewa, Gatot Kaca, Karna, dkk.
  3. Golongan Punakawan: Bagong, Petruk, Gareng, dan Semar

Ada juga koleksi wayang yang lain, seperti: Presiden Soekarno, Moh. Hatta,  Cepot, Unyil, Pak Ogah, dan lain-lain. Selain koleksi wayang ada juga koleksi lain seperti catur dengan bidak2nya dari tokoh wayang, lukisan, ondel-ondel, dan satu set koleksi gamelan.

Gambang Kromong

Gambang Kromong

Next – Wisata Jakarta: Kota Toea – Museum Keramik & Seni Rupa

Advertisement

4 thoughts on “Wisata Jakarta: Kota Toea – Museum Wayang

  1. museum wayang sarat dengan sejarah dan kisah. Mungkin akan semakin menarik minat wisatawan baik asing maupun domestik jika di museum ini terdapat souvenir shop seperti setiap museum di luar negeri. Misalnya dengan menjual souvenir2 wayang dengan berbagai bentuk yg dijadikan key holder, post card, dll. Uang tersebut dapat digunakan untuk renovasi bangunan museum. Jika terdapat souvenir shop, otomatis menambah lahan pekerjaan bagi warga jakarta sebagai penjaga toko,dsb.. Jakarta kaya akan sejarah unik yang tidak kalah dengan luar negeri. Jadi alangkah baiknya jika warga jakarta mulai sadar wisata dan mengembangkan harta yang kita miliki…

    • Disana sudah ada kok toko souvenirnya. Cindera mata seperti post card, gantungan kunci, wayang, miniatur wayang, sampai buku komik Mahabarata dan Ramayana dijual disana. Tapi mungkin masalah yg timbul sekarang adalah harganya yang relatif mahal.
      Kemarin saya sempat membeli magnet bergambar diorama kota Jakarta dengan harga Rp.20.000,- (Entah ini harga sebenarnya atau saya kena tipu) dan bagi saya termasuk mahal dengan harga segitu. Kontras sekali kan, tiket masuk Rp. 2.000,-, Cendera Mata Rp.20.000,- (Sepuluh kali lipat).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s