Wisata Jakarta: Kota Toea – Museum Bank Mandiri


Museum Bank Mandiri

Museum Bank Mandiri

Target pertama adalah Museum Bank Mandiri, selain posisinya yang berada di paling ujung, tempat ini biasanya adalah tempa turun penumpang kendaraan umum. Mulai dari mikrolet (sejenis angkotan kota) sampai pintu keluar halte Trans Jakarta, semuanya langsung mengarah ke gedung ini. Gedung ini sedikit unik, jika dilihat dari luar sama sekali tidak tampak seperti museum, malah lebih mirip seperti gedung bank. Ya maklum saja, namanya juga Museum Bank Mandiri. ;).

Gedung ini luas sekali, terdiri dari 4 lantai yang bisa di jelajahi  (B – 1 -2 -3). Lantai 4 dan 5 digunakan sebagai gudang. Tiap lantai terdiri dari banyak sekali lorong-lorong, dengan luas ruangan yang berbeda-beda. Kira-kira waktu yang dibutuhkan untuk mengelilingi tempat ini adalah 2 – 2,5 jam. Tapi perkiraan ini tergantung dari cara anda menikmati koleksi museum dan apakah anda tersesat atau tidak? 😀

Tempat loket ticket ada di ruangan sebelah kanan begitu anda masuk pintu utama. Ticket masuk untuk umum sebesar Rp 2.000,- saja. Untuk pelajar ticket 1/2 harga. Tas dan barang bawaan lain harus dititipkan disana. Anda juga bisa membeli oleh2 di loket ini. Yang menarik bagi saya adalah sebuah kaos berwarna hijau dengan tulisan kota toea, harga Rp. 45.000,-. Tapi sayang ukuran yang saya cari tidak ada. Yah gak beli oleh2 deh >_<..

Saya cukup beruntung, karena bertepatan dengan kedatangan saya disana, sedang berlangsung acara pemutaran video tentang Sejarah Jakarta –  Kota Toea (Believe me, it’s a great movie. And you should watch it) dan juga sedang diadakan workshop pembuatan keramik (yang kayak film GHOST – nya Demi Moore itu lho, yang menggunakan benda yang muter-muter itu) oleh anak-anak IKJ (Institut Kesenian Jakarta).  Setiap pengunjung bisa mencoba kalau mau, dan yang terpenting tidak dikenakan biaya, alias cuma-cuma. Karena masih ada 4 museum lagi yang harus saya kunjungi, jadi terpaksa saya tidak mencoba membuat keramik di workshop itu. Hikss..

Sesuai dengan namanya, koleksi-koleksi dari museum ini menceritakan sejarah tentang Bank Mandiri itu sendiri. Mulau dari mulai berkembang nya di jaman Belanda, sampai saat ini yang bernama Bank Mandiri. Wah baru tahu kalau ternyata Bank Mandiri sudah ada sejak tempoe doeloe. Koleksi museum yang bisa dilihat mulai dari mesin hitung jaman dahulu, buku besar bank, pokoknya semua peralatan2 banking dari jama dahulu sampai sekarang. Selain itu di tempat ini juga banyak sekali spot yang bagus untuk difoto dan dijadikan kenang-kenangan (Nah ini yang paling penting). Sepertinya cukup banyak yang saya ceritakan, silahkan anda mencoba-nya sendiri.

Jakarta Classic

Jakarta Classic

Next – Wisata Jakarta: Kota Toea – Museum Bank Indonesia

Advertisement

3 thoughts on “Wisata Jakarta: Kota Toea – Museum Bank Mandiri

  1. oh gw jg udah masuk kesana ndre
    tapi gak menjelajahi semua tempat

    tadinya cuman mo numpang shalat doank ke sana hehehe
    y udah dech sekalian

    di lantai bawah ada area bermain anak2nya ndre

  2. @dee: iya dee, di bawah ada tempat bermain anak2nya. Tapi yang keren itu di lantai 3 ke atas. Tempatnya sepi banget, jadi agak2 merinding juga kalo sendirian. hehe..

    @arifn: Iya betul rif, gabungan beberapa bank. Di dalam ada chart sejarahnya kok kalo mau liat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s