Kettle: Spoon Job Error – Running Old Transformation Design


Baru saja dapet case yang menarik dengan Spoon – nya Kettle nih. Permasalahannya sih sederhana, saya mencoba membuat beberapa design transformasi, lalu digabungkan ke dalam satu job, ternyata dalam design tersebut terdapat kesalahan dan harus diperbaiki. Setelah diperbaiki lalu di save kemudian saya coba running job tersebut, tetapi kenapa design yang di running adalah design yang lama bukan yang baru?

Sebagai ilustrasi, silahkan anda perhatikan design job yang sudah saya buat:

Job Design

Job Design

Jadi saya membuat 3 buah design transformation yang akan dijalankan sekaligus melalui satu job. Jika saya running melalui job, terjadi error. Tapi jika dijalankan secara terpisah tiap transformation, hasilnya sukses. Why??

Panik dan bingung.. Kenapa ya kira-kira hal ini bisa terjadi? Apa karena saya salah men-save filenya? Saya coba buka lagi design transformasi yang sudah saya buat, loh kok design-nya sudah benar? Saya coba jalankan kembali job yang tadi, tetapi errornya masih tetap sama. Lalu saya coba jalankan transformasi-nya secara terpisah (diluar job) ternyata hasilnya benar. Lalu dibagian mananya yang error?

Ternyata kesalahan ini terjadi karena terjadi kesalahan target saat menjalankan Job. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada gambar di bawah. Seperti dapat dilihat pada form di bawah, terlihat bahwa transformasi yang akan dijalankan adalah Transformasi 1, tetapi sumber design yang akan dijalankan berasal dari file.ktr atau file save-an dari local komputer, bukan dari repository database yang sudah saya buat.

Job Transformation Detail

Job Transformation Detail

Solusi dari permasalahan seperti ini adalah merubah target design yang akan dijalankan, yaitu dengan cara mengosongkan saja field Transformation Filename, atau bisa juga dengan cara meng-eksport ulang transformasi yang telah di re-design menjadi file .ktr, lalu edit agar job menargetkan transformasinya ke file .ktr yang baru.

Demikian penjelasan dari saya semoga bermanfaat.

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s