Wisata Jakarta: Kota Toea


Kira-kira 2-3 hari yang lalu saya membaca sebuah berita dari http://www.kompas.com, yang menyatakan bahwa Museum Bank Indonesia yang terletak di dekat Stasiun Kota Jakarta telah selesai di renovasi dan telah dibuka untuk umum dengan tiket masuk gratis. Wah sungguh berita yang menarik sekali, karena saya tahu di daerah Stasiun Kota Jakarta terkenal dengan Wisata Kota Toea – nya. Lalu saya langsung mengirim pesan singkat ke pasangan saya, menanyakan apakah dia mau melakukan back packing ke KotaTua akhir pekan ini? Dan ternyata jawabannya dia mau. Maka hari ini, tepatnya tanggal 26 July 2009,  saya melakukan sebuah perjalanan kecil-kecilan di kota Jakarta, tepatnya ke Kota Toea.

Perjalanan dimulai di Halte Trans Jakarta tepatnya Halte Harmoni. Halte Harmoni adalah salah satu halte yang menjadi pusat transit penumpang Trans Jakarta dari berbagai koridor, salah satunya adalah Koridor 1 (Blok-M – Kota). Bila anda yang baru pertama kali masuk ke dalam halte ini anda mungkin anda akan kaget betapa ramai, penuh, dan sesaknya Halte Harmoni terutama di jam-jam tertentu. Hal ini pasti akan menyulitkan sekali untuk melihat peta petunjuk arah, pintu mana yang harus di ambil, lalu antrian mana yang benar? Untuk itu sebelumnya maka anda harus tahu peta di dalam halte ini. Kira-kira peta dari halte ini sebagai berikut:

Halte Harmoni - Trans Jakarta

Halte Harmoni - Trans Jakarta

Ow iya.. Ticket Masuk-nya adalah Rp.3.500,-. Ticket hanya berlaku untuk 1 kali perjalanan, ini berarti  jika anda keluar dari halte, dan ingin masuk lagi maka anda harus membayar kembali Rp 3.500,-.  Saya mengambil jurusan Stasiun Kota. Halte-halte yang akan di lalui:

Harmoni – Sawah Besar – Olimo – Mangga Besar – Glodok – Stasiun Kota Jakarta

Perjalanan berhenti di Halte Glodok, karena saya ingin mampir ke sebuah kedai kopi di daerah Pancoran, Glodok, dari rumor yang saya dengar sih katanya es kopi dikedai ini enak. Kedainya bernama Kopi Es Tak Kie. Lokasi kedai ini agak masuk ke dalam pasar. “2 Es Kopi Susu” pesanan saya.  Rasa kopinya memang enak sih,  es kopi susu @ Rp 11.000,-.

Perjalanan dilanjutkan, tidak dengan busway tetapi dengan menggunakan angkutan umum Mikrolet dari Glodok ke Stasiun Kota. Ada 2 jurusan mikrolet yang bisa diambil No.08 dan No.12, tarif Rp. 1.500,- dari Glodok ke Stasiun Kota. Turunnya tepat di depan Halte Busway. Sebagai informasi letak Museum yang paling dekat dengan Route perjalanan yang kami ambil adalah Museum Bank Mandiri. Posisi dari Museum ini berseberangan dengan Stasiun Kota Jakarta. Mungkin peta ini akan membantu memberikan gambaran.

Peta Lokasi

Peta Lokasi

Seperti dilihat pada peta di-atas ada 5 buah museum yang menjadi target perjalanan. Museum Bank Mandiri – Museum Bank Indonesia – Museum Sejarah Jakarta (aka. Museum Fatahillah) – Museum Wayang – Museum Keramik & Seni Rupa.

Bersamboeng..

  1. Wisata Jakarta: Kota Toea – Museum Bank Mandiri
  2. Wisata Jakarta: Kota Toea – Museum Bank Indonesia
  3. Wisata Jakarta: Kota Toea – Museum Sejarah Jakarta (aka. Museum Fatahillah)
  4. Wisata Jakarta: Kota Toea – Museum Wayang
  5. Wisata Jakarta: Kota Toea – Museum Keramik dan Seni Rupa
  6. Bonus – Wisata Jakarta: Pasar Baru
Advertisement

5 thoughts on “Wisata Jakarta: Kota Toea

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s