Steganografi : 4. Contoh Penerapan


Pendahuluan

Berhubung banyaknya request dari teman-teman saya, bagaimana cara menerapkan steganografi dalam kehidupan sehari-hari in the easiest way, saya akan coba untuk memberikan suatu contoh bagaimana menerapkan teknik steganografi tersebut.

Isi

Bagi yang belom mengerti apa sebenarnya steganografi itu bisa dilihat pada artikel saya sebelumnya https://andreastjong.wordpress.com/2008/09/18/steganografi-1pendahuluan/.

Sebelum kita memulai contoh ini ada beberapa hal terlebih dahulu yang harus dipersiapkan. Pertama-tama adalah software steganografi (digunakan Hide4PGP aka H4PGP20W) , bisa anda download di http://www.heinz-repp.onlinehome.de/H4PGP20W.ZIP. Tenang saja karena software ini free. Lalu harus disiapkan juga data yang ingin disembunyikan dan media yang akan digunakan, dalam contoh ini saya menggunakan file gambar berformat gif (test.gif) dengan dimensi 200×230, ukuran 111kb, sedangkan untuk media yang akan disisipkan saya akan menggunakan file audio dengn format wav (stego.wav)

Langkah yang harus anda lakukan untuk menyisisipkan data:

  1. Download H4PGP20W.zip
  2. extract di salah satu folder anda (sebagai contoh di C:)
  3. Taruh file yang ingin disisipkan dan media yang akan disisipi ke direktori tersebut (stego.wav dan test.gif)
  4. buka command prompt
  5. Masuk ke direktori tempat anda mengekstrakt H4PGP20W tadi
  6. Ketikkan perintah berikut “Hide4PGP stego.wav test.gif
  7. Selamat karena anda sudah berhasil melanyisipkan file test.gif ke stego.wav (anda boleh men-delete file test.gif jika anda mau)

Langkah yang harus anda lakukan untuk mengekstrak data

:

  1. buka command prompt
  2. Masuk ke direktori tempat anda mengekstrakt H4PGP20W tadi
  3. Ketikkan perintah berikut “Hide4PGP -x stego.wav test.gif
  4. Silahkan check di direktori tersebut, apakah ada file yang bernama test.gif

Semoga tulisan ini dapat berguna bagi anda sekalian.

Advertisement

10 thoughts on “Steganografi : 4. Contoh Penerapan

  1. maaf mengganggu…
    kakak punya refrensi yang berisi penjelasan detail algoritma ezstego ga? ato ga kakak ngerti ma proses2 nya ga? tolong jelasin y… usahain pake bahasa Indonesia. Darurat….
    Ini emailnya: may4_sw33t@yahoo.com
    thx b’4

  2. maaf mengganggu…
    kakak punya refrensi yang berisi penjelasan detail algoritma ezstego ga? ato ga kakak ngerti ma proses2 nya ga? tolong jelasin y… usahain pake bahasa Indonesia. kirim ke email maya ya: may4_sw33t@yahoo.com
    thx b’4

  3. Forgot to tell.
    Pada prinsipnya steganografi itu menyisipkan data ke media penampung dengan cara mengganti bit-bit pada penampungnya. Jadi sampai saat ini belom ditemukan suatu algoritma untuk menyisipkan data dengan ukuran yang lebih besar atau sama dengan media penampungnya.

    Untuk contoh yang saya jelaskan pada postingan saya di-atas. Usahakan media yang disisipi ukurannya < 1/10 ukuran media yang disisipi.

  4. hye…saya shila dari Malaysia..saya cuma mahu tahu adakah hide4pgp ini adalah satu technique sama seperti Least Significant Bits (LSB) dimana ia merupakan satu kaedah menyembunyi sesuatu data untuk Steganogrphy method atau hide4pgp ini adalah satu “software” seperti S-tools,Ezstago atau hide and seek?

    • Hi Shila,

      hide4gp adalah sebuah freeware untuk Steganography Method. Mengenai algoritma(kaidah) yang digunakan oleh software ini, tidak dijelaskan oleh pembuatnya.

      Untuk eztego, saya sendiri belum pernah mendengar ada algoritma(kaidah) yang bernama ini ataupun software yang bernama eztego. Jadi saya belum bisa memastikan apakah eztego ini sebuah metode atau sebuah software.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s