Command Prompt Date Problem


Pendahuluan

Artikel ini saya buat karena sebelumnya saya mengalami kesulitan dalam mengekstraksi tanggal (DATE) di command prompt. Sebelumnya saya pernah menggunakan Sistem Operasi di UNIX, di OS UNIX ini sangat mudah sekali untuk mengekstraksi tanggal (DATE), dengan adanya perintah substring. Tapi lain halnya dengan sistem command prompt di Windows.

ISI

Coba anda ketikkan perintah “echo %date%” di command prompt, Output yang keluar adalah:

Thu 09/11/2008

Pola yang keluar adalah seperti di atas [DAY DD/MM/YYYY]. Sekarang permasalahannya adalah bagaimana caranya untuk mengambil hanya tanggalnya saja tanpa nama hari. Lupakan saja ide anda tentang menggunakan %DAY%, %YEAR%, %MONTH%, atau system.getDate() karena hal-hal tersebut tidak dapat dilakukan pada sistem Windows, walaupun sebelumnya saya juga sempat berpikir ke arah itu. Command-command seperti itu tidak berlaku pada command prompt. Yang perlu anda lakukan adalah mendapatkan substring dari variable %date%. Bagaimana caranya? Cara yang paling mudah adalah dengan menambahkan “:~” pada nama variabel. Sebagai contoh:

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13
T h u 0 9 / 1 1 / 2 0 0 8

echo %date:~4%

09/11/2008

It’s very simple to apply. Tambahan “:~” sama saja dengan command substring pada UNIX (bash), angka pertama (4 dalam contoh) menunjukkan posisi character awal yang akan dicetak, lalu angka yang kedua menunjukkan panjang substring. Sebagai contoh:

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13
T h u 0 9 / 1 1 / 2 0 0 8

echo %date:~4,2%

09

Advertisement

3 thoughts on “Command Prompt Date Problem

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s