Wisata Jakarta: Monas (Monumen Nasional)


1. Apakah anda mengaku orang Jakarta tulen?
a. Ya
b. Bukan
c. Only Half Blood

2. Jika ya, apakah anda sudah pernah ke Monas dan tahu bagaimana cara kesana – sampai naik ke dalam Monas?
a. Ya
b. Tidak
c. Hmm… Kira-kira sih tau.

Mungkin 2 pertanyaan di atas adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan untuk membuktikan apakah anda orang Jakarta asli atau bukan. Tapi percaya atau tidak, saya adalah orang Jakarta, lahir di Jakarta, tinggal di Jakarta, dan besar di Jakarta, tapi sampai sekarang umur 23 tahun baru satu kali masuk yang namanya Monas. What a shame… >_<

Monas

Monas

Monumen Nasional atau lebih dikenal dengan nama Monas adalah salah satu icon khas kota Jakarta. Dibangun pada dekade 1961 dan terkenal dengan puncak menaranya yang terbuat dari emas. Disini juga tersimpan rekaman suara Presiden pertama RI Soekarno yang sedang membanyakan Teks Proklamasi. Jika ingin mengetahui sejarah lebih lanjut mengenai Monas silakna klik link ini.

Bagimana cara menuju ke Monas? Caranya cukup mudah. Dari Halte Bus Trans Jakarta Harmoni, anda tinggal mengambil jurusan Blok-M, harga ticket Rp 3.500,-. Lalu turun di Halte Monumen Nasional, halte pemberhentian pertama dari Harmoni. Keluar dari Halte, anda sudah bisa melihat dengan jelas tugu Monas. Jika anda sekarang sedang menghadap ke Monas, maka di belakang anda ada sebuah Museum, ya benar itu adalah Museum Nasional atau dikenal juga dengan Museum Gajah. Jika anda lihat pada gambar di bawah, Halte Busway saya beri tanda bulatan berwarna Biru, ada di peta bagian sebelah kiri.

Monas Map

Monas Map

Biasanya di depan halte busway sudah ada delman yang siap menawarkan jasa untuk mengantar anda ke pintu masuk Monas, tapi harga yang ditawarkan lumayan mahal, yaitu Rp.20.000,- sekali antar. Lebih hemat dengan berjalan kaki, karena jarak tempuh yang tidak terlalu jauh. Pintu masuk-nya berseberangan dengan Gedung Indosat, saya beri tanda warna hijau pada peta. Jarak tempuh kira-kira 200 meter atau kira-kira 10-15 menit dengan berjalan kaki. Di dekat pintu masuk anda akan menjumpai mobil box besar berwarna jingga, itu adalah toilet. Jadi jika ingin pergi ke toilet di dalam Tama Monas, anda cukup mencari mobil box berwarna jingga, biaya Rp1.000,-. Biaya masuk ke Taman Monas adalah free, atau tidak dipungut biaya,

Dari pintu masuk silahkan berjalan menyusuri trotoar sebelah kanan, tidak jauh dari pintu masuk ada tempat untuk menunggu kereta wisata di Monas (warna merah di peta). Kereta ini  bertugas membawa pengunjung ke pintu masuk Tugu Monas, dan yang lebih penting kereta ini tidak dipungut biaya.Kapasitas kereta ini tidak terlalu banyak, jadi anda mungkin harus mengantri cukup lama untuk naik kereta ini. Tpi jika anda tidak mau mengantri, anda bisa berjalan kaki menuju pintu masuk Tugu Monas.

Pintu masuk ke Tugu Monas harus melalui jalur underground atau bawah tanah. Pintu masuknya saya beri tanda bulat ungu pada peta. Jika anda berjalan kaki anda cukup menuju patung kuda di seberang Tugu Monas, lalu carilah rambu berwarna kuning yang akan menunjukkan arah. Setelah masuk ke bawah dan melalui underpass anda akan menjumpai loket ticket masuk ke Tugu Monas. Harga ticket untuk naik ke atas Monas adalah Rp 8.000,- untuk umum/dewasa, Rp4.000,- untuk pelajar/anak-anak, jangan lupa ticket jangan dibuang karena akan digunakan lagi. Waktu operasi adalah pukul 09:00 – 16:00.  Karena kapasitas lift yang tidak terlalu banyak jadi bagi anda yang ingin naik ke atas harus mengantri dan bergiliran.

Untuk pulangnya anda cukup keluar dari pintu masuk bawah tanah menuju ke tempat pemberhentian kereta wisata sebelumnya (warna ungu di peta). Lalu anda bisa naik kereta tadi kembali menuju ke pintu masuk Taman Monas (warna merah di peta). Untuk naik kereta ini anda harus menunjukkan ticket masuk Tugu Monas yang sudah anda beli tadi.

Selamat mencoba, semoga tulisan saya ini bermanfaat untuk anda.

About these ads

20 thoughts on “Wisata Jakarta: Monas (Monumen Nasional)

  1. dr saya lahir, gede & nyari nafkah di jakarta ampe sekarang udah ada 2 jagoan, blum pernah liat jakarta dr ujung monas…. abis informasi utk masuk ke tugu monas kurang dipublikasikan sih….
    Jd ngk salah kalo ngaku orang jakarta blum naek ke tugu monasnya…hehehe… tul kan…..

  2. Terima kasih, infonya bermanfaat sekali. Terutama peta yang sudah lengkap dengan titik2nya. Btw, apa masuk monas cuma bisa dari pintu dekat indosat? Bagaimana dengan dari sisi Stasiun Gambir? Saya rencana ke sana naik KRL turun di Gambir.

    • Hi Shanty,

      Senang nih kalo ada orang yang appreciate sama blog saya. :)
      Btw untuk pintu masuk monas ada di setiap Jalan Silang Medan Merdeka. Kalau dari Stasiun Gambir yang paling deket Jalan Silang Medan Merdeka Tenggara.
      Selamat mencoba.
      PS: Ke titik ungu nya harus jalan kaki kalo dari Gambir. :)

    • Sudah ada parkiran nya untuk motor & mobil di Monas. Tapi kalau mau yang lebih aman, bisa parkir di Stasiun Gambir, nanti ke monas nya tinggal jalan kaki saja. Kalau buat saya pribadi, parkir di St.Gambir kayaknya lebih aman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s